Rabu, 04 Mei 2011

PINDAD

PT Pindad (persero) adalah perusahaan industri manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang produk militer dan produk komersial. Kegiatan mereka mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan pabrikasi serta perawatan.
Setelah berdiri pada 1808 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW), bengkel itu berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola kemudian dipindahkan ke Bandung pada 1923.
Pemerintah Belanda pada 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada pemerintah Indonesia, kemudian pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT Pindad sekarang ini.
Sejak saat itu PT Pindad berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer /ang dikelola Angkatan Darat. PT Pindad berubah status menjadi BUMN dengan nama PT Pindad (persero) pada 29 April 1983, kemudian pada 1989 perusahaan tru berada di bawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) \ ang kemudian pada 1999 berubah menjadi IT Pakarya Industri (persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT Bahana Pakarya Industri Strategis (persero).
Pada 2002 PT BPIS (persero) dibubarkan pemerintah dan sejak itu PT Pindad beralih status menjadi PT Pindad (persero) yang langsung berada di bawah pembinaan Kementerian BUMN.
PT. Pindad memproduksi senjata untuk keperluan kemiliteran, beberapa dari hasil produksinya digunakan oleh kesatuan kemiliteran Republik Indonesia dan beberapa Negara lainnya. Pindat tidak hanya memproduksi senjata saja, namun melakukan pengembangan transportasi/kendaraan tempur yang bersaing dengan kendaraan tempur Negara-negara di asia seperti panser 6x6 buatan PINDAD yang disebabkan KOREA tidak dapat memenuhi kebutuhan kendaraan tempur penser 6x6 yang dibutuhkan oleh Malaysia.

 sumber : wordpress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar